Banyak alasan kuat mengapa kita mulai dengan Doktrin tentang Allah, jika kita berangkat dari pengandaian bahwa teologi adalah pengetahuan sistematis tentang Allah, yang dari-Nya, oleh-Nya, melalui-Nya dan bagi-Nya segala sesuatu berada. Sebaliknya justru dogmatika harus dimulai dengan Doktrin Allah, bahkankita boleh berharap bahwa dogmatika secara keseluruhan adalah telaah tentang Allah.

Manusia adalah citra Allah untuk berkuasa atas semua mahluk sebagai wakil yang mewakilkan sang Pencipta. Tugas dari manusia sebagai citra Allah selain berkuasa, juga mengusahakan agar seluruh ciptaan memuliakan Allah.  dapatkah manusia mengaktualisasi citra Allah dalam dirinya?

Kristologi  membicarakan tentang siapakah Yesus Kristus? Apa makna kehadiran Kristus bagi manusia? seperti apa personalitas dan karyaNya?

Sedikitnya Penjelasan Tentang Roh Kudus Dalam Pengakuan Iman Rasuli; Sedikitnya Isu-Isu Tentang Roh Kudus Di Era Bapa-Bapa Gereja; Juga Pembelajaran Tentang Roh Kudus Yang Kurang Berakar Kuat Pada Alkitab terlebih Antara Fakta Alkitab Dan Pengalaman Pribadi seringkali Rancu. Seperti Apa dan bagaimana belajar tentang Doktrin Roh Kudus? Simak selanjutnya